Perusahaan Startup – Apa sih maksudnya?

Perusahaan startup atau startup adalah organisasi perusahaan atau sementara yang dirancang untuk mencari model bisnis yang berulang dan scalable. Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk pasar. Istilah menjadi populer secara internasional selama dot-com bubble sedang marak ketika sejumlah besar dot-com perusahaan didirikan.Akhir-akhir ini, istilah startup telah dikaitkan dengan sebagian besar usaha teknologi yang dirancang untuk high-growth. Paul Graham, pendiri salah satu akselerator startup terbaik di dunia, mendefinisikan startup sebagai:. “Startup adalah sebuah perusahaan yang dirancang untuk tumbuh cepat. Meskipun baru didirikan bukan berarti menjadi perusahaan Startup membuat perusahaan startup Juga tidak harus selalu dalam lingkup teknologi, atau mengambil dana ventura, Satu-satunya hal penting adalah pertumbuhan Segala sesuatu yang lain kita yang terkait dengan startups selalu diikuti dari pertumbuhan/growth. “Evolusi dari sebuah perusahaan startupPerusahaan startup bisa datang dalam berbagai bentuk, tetapi frase “perusahaan startup” sering dikaitkan dengan perusahaan teknologi yang berorientasi pertumbuhan tinggi. Investor umumnya paling tertarik pada perusahaan-perusahaan baru yang dibedakan oleh risiko / reward profile dan skalabilitas. Artinya, mereka memiliki biaya bootstrappingrendah, risiko tinggi, dan laba potensial atas investasi yang lebih tinggi. Startups sukses biasanya lebih terukur dari bisnis yang mapan, dalam arti bahwa mereka berpotensi bisa tumbuh pesat dengan investasi terbatas modal, tenaga kerja atau lahan.Start up Financing Cycle

Siklus Pembiayaan  Startup

Startups menghadapi pilihan unik untuk beberapa pendanaan. Perusahaan modal ventura dan beberapa investor dapat membantu perusahaan startup yang mulai beroperasi, exchanging cash untuk saham ekuitas. Dalam prakteknya meskipun, startups banyak yang pada awalnya didanai oleh mereka sendiri/Pendiri.Factoring adalah pilihan lain, meskipun tidak unik untuk memulai. Beberapa peluang pendanaan baru juga berkembang dalam crowd funding.

Sebuah tugas penting dalam mendirikan bisnis adalah untuk melakukan penelitian dalam rangka untuk memvalidasi, menilai dan mengembangkan ide atau konsep bisnis selain kesempatan untuk membangun pemahaman yang lebih lanjut dan pada ide-ide atau konsep-konsep bisnis serta potensi komersial mereka.

Jika nilai perusahaan yang berbasis teknologi, seringkali sama pentingnya bagi pemilik usaha untuk mendapatkan perlindungan kekayaan intelektual untuk ide mereka. Majalah berita The Economist memperkirakan bahwa sampai 75% dari nilai perusahaan publik AS sekarang didasarkan pada kekayaan intelektual mereka (naik dari 40% pada tahun 1980) bahkan Sering, 100% dari nilai sebuah perusahaan startup kecil ini didasarkan pada Surat kekayaan intelektual. Dengan demikian, adalah penting untuk perusahaan yang berorientasi pada teknologi start up untuk mengembangkan strategi suara untuk melindungi modal intelektual mereka sedini mungkin.

Perusahaan startup, terutama yang terkait dengan teknologi baru, kadang-kadang menghasilkan keuntungan besar untuk pencipta mereka dan investor – contoh terbaru tersebut adalah Google, yang pencipta sekarang milyarder melalui kepemilikan saham mereka. Namun, tingkat kegagalan perusahaan startup juga sangat tinggi.

Sementara ada bisnis startup dibuat dalam berbagai jenis usaha, dan seluruh dunia, beberapa lokasi dan sektor bisnis khususnya yang berkaitan dengan perusahaan startup. Gelembung Internet (Internet Bubble) dari akhir 1990-an dikaitkan dengan sejumlah besar perusahaan startup internet, beberapa menjual teknologi untuk menyediakan akses internet, orang lain menggunakan internet untuk menyediakan layanan. Sebagian besar dari kegiatan ini startup terletak di Silicon Valley, wilayah utara California terkenal karena tingkat tinggi aktivitas perusahaan startup:

Sebuah perusahaan mungkin berhenti menjadi startup saat melewati berbagai milestones, seperti menjadi menguntungkan, atau menjadi perusahaan publik (tbk) dalam IPO, atau berhenti untuk eksis sebagai entitas independen melalui merger atau akuisisi. Perusahaan juga dapat gagal dan berhenti beroperasi sama sekali. Baru-baru ini aset paten dari perusahaan-perusahaan startup yang gagal dibeli oleh apa yang dikenal sebagai “troll Paten” yang kemudian mengambil paten dari perusahaan tersebut dan menegaskan hak paten terhadap perusahaan yang mungkin melanggar teknologi yang tercakup dalam paten tersebut.

Co-Founders

Co-Founders adalah orang-orang yang terlibat dalam pengembangan perusahaan startup. Siapa pun bisa menjadi Co-Founder, dan perusahaan yang ada juga bisa menjadi Co-Founder, tetapi sering Co- Founders adalah entrepreneurs, hacker, pemodal ventura, pengembang web, desainer web dan lain-lain yang terlibat dalam tingkat dasar baru, sering juga hi tech, venture.

Tidak ada definisi formal, hukum apa yang membuat seseorang menjadi Co-Founder. Hak untuk menyebut seseorang sebagai seorang Co-Founder dapat dibentuk melalui kesepakatan dengan rekan satu Co- Founder atau dengan izin dari dewan direksi, investor atau pemegang saham dari sebuah perusahaan startup. Ketika tidak ada kesepakatan definitif, perselisihan tentang siapa Co- Founder yang bisa timbul. Satu contoh terkenal dari perselisihan yang bisa disebut Co-Founder dapat diamati dalam kisah gugatan terhadap Elon Musk oleh Co- Founder dari Tesla Motors di mana ia menuduh bahwa ia tidak memiliki hak untuk menganggap dirinya seorang Co-Founder hanya karena ia memberikan sejumlah besar modal dan berperan penting dalam menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan.

Mencari co-founder mungkin menjadi masalah rumit. Menyepakati syarat dan kondisi dari kemitraan, strategi keluar dan kompensasi dari awal, meningkatkan pemahaman tentang apa yang diharapkan dari masing-masing pihak.

Karena munculnya teknologi startups, Teknis Co- Founder (programmer) secara khusus dicari. Beberapa pendiri situs kencan sekarang tersedia secara online untuk mengisi kesenjangan ini.

internal startups

Perusahaan-perusahaan besar atau mapan sering mencoba untuk mempromosikan inovasi dengan mendirikan “startups internal”, divisi bisnis baru yang beroperasi di lengan panjang dari seluruh perusahaan. Contohnya termasuk Target Corporation (yang dimulai sebagai sebuah startup internal Chain Department Store Dayton) dan threedegrees, produk yang dikembangkan oleh startup internal Microsoft.

Bagimana menurut Anda?

One response to “Perusahaan Startup – Apa sih maksudnya?

  1. Pingback: Etika Pembagian Saham dan Hak Kepemilikan Dalam Bisnis Start Up | - Monic's -·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s